Oupreque (oprek)

Ubah Touchpad Netbook Bekas Jadi Mouse

Utak-atik ini dan itu, hari ini saya (nampaknya) berhasil memanfaatkan touchpad Netbook hasil pembongkaran tahun lalu (lihat post pembongkaran disini). Touchpad-nya bukan touchpad dari produsen terkenal seperti Synaptic, tapi dari produsen china anonim. Touchpadnya menggunakan komunikasi serial seperti yang dipakai pada mouse PS/2, jadi lumayan gampang buat diutak-atik. Nah, ini dia touchpad-nya:

Touchpad tampak belakang (sumber: Dok. pribadi)
Touchpad tampak belakang (sumber: dok. pribadi)

Sama seperti pin PS/2, touchpad ini punya 6 pin dengan 2 pin tak terpakai, sehingga menyisakan 4 pin (+VCC, -GND, Clock, dan Data). Informasi pinout bisa dicari di internet, saya sendiri gagal mendapatkan info pin untuk touchpad ini, walhasil saya harus coba-coba sendiri dengan multimeter (dan dengan brute force, hehe). Pin-pin ini bisa langsung dikoneksikan ke komputer yang punya port PS/2 mouse. Hmm, laptop saya tak ada port PS/2 maupun converter USB-PS/2, maka saya hanya bisa tes dengan Arduino.

Touchpad dengan kabel konektor
Touchpad dengan kabel konektor (sumber: dok. pribadi)

Saya langsung solder saja kabel konektornya dan dihubungkan ke Arduino. Kode yang saya pakai diadaptasi dari halaman ini. Oiya, data yang dikirimkan mouse sebetulnya berbeda dengan data yang dikirimkan oleh touchpad, sehingga sudah tentu harus ditangani secara berbeda. Saya tetap pakai sketch Arduino untuk PS/2 mouse hanya sebagai proof of concept. Jika anda berminat untuk betul-betul menjadikan touchpad menjadi mouse yang usable, silakan cermati artikel berikut ini.

Soldering connector
Konektor touchpad yang tersolder (sumber: dok. pribadi)

Touchpad yang sudah dihubungkan ke Arduino, siap untuk dites!
Touchpad yang sudah dihubungkan ke Arduino, siap untuk dites! (sumber: dok. pribadi)

Oke, connector touchpad sudah disolder dan terhubung ke Arduino. Mari kita coba lihat hasilnya di Serial Monitor Arduino:

Jendela Serial Monitor yang menampilkan data yang terbaca
Jendela Serial Monitor menampilkan data yang terbaca (sumber: dok. pribadi)

Yeah, data dari touchpad berhasil terbaca, angka biner di sebelah kiri adalah raw data yang diterima, sedangkan bagian tengah (X dan Y) adalah terjemahan kode binernya. Meski sukses, namun beberapa menit kemudian touchpad-nya tak merespon, setelah di goyang-goyang sedikit rangkaiannya, baru deh touchpad-nya merespon lagi. Nampaknya sambungan yang saya buat terlalu ringkih, tak reliable. Hmm, tak apalah, yang penting sudah terbukti bekerja dengan baik, kedepannya bisa disempurnakan lagi. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s