Programming · Thought Note

Lanjut Lagi Desain Programming Language-nya!

fig-compiler-architectureKira-kira sudah lima tahun sejak tahun 2010 saya vakum belajar konstruksi compiler atau interpreter. Saya pernah menulis artikel tentang perancangan bahasa pemrograman di blog lama saya (artikelnya terdiri dari dua bagian, klik sini untuk melihat bagian pertamanya).

Artikel yang saya tulis tersebut bisa dibilang low-quality, dan terlalu banyak bias. Di artikel tersebut saya berusaha menjabarkan saja sepengetahuan saya tentang tips & trik mendesain bahasa pemrograman. Pokoknya low-quality deh! Hehe.

Di tahun 2010 saya pernah membuat interpreter menggunakan bahasa Autohotkey, sulit juga membuat lexer dan parser dengan tangan (maksudnya tidak diotomasi dengan program bantuan). Namun dari titik itu, pemahaman saya tentang mekanisme kerja tool semacam itu semakin membaik. Nah, sejak akhir tahun 2011 saya sudah tidak lagi oprek-oprek interpreter.

Saya sudah pernah mendengar tool YACC (Yet Another Compiler-Compiler) alias Bison dan tool Flex untuk men-generate program lexer, tapi malas juga belajar bahasa baru (C dan C++). Nah, saat mengambil mata kuliah Problem Solving With C di ITB, mau tidak mau saya belajar C. Otomatis saya jadi tertarik oprek Bison dan Flex, baru nyambung ilmunya sekarang. Hehe.

Baik, jadi begini. Kalau Anda pernah membuat program apapun dalam bahasa apapun, baik C yang dikompilasi dengan GCC, atau Python yang di-interpretasi, maka yang saya dari tadi bicarakan adalah bagaimana membuat program yang mampu menjalankan source code Anda.

Entah apa saya akan benar-benar bereksperimen hingga mampu membuat interpreter yang baik, atau hanya nostalgia. Tulisan ini hanyalah curhat, basa-basi. Terima kasih sudah membaca hingga tanda baca terakhir! 🙂

Tinggalkan Balasan

