Thought Note

Thought Note 1

brain_sketch_by_kbi_neverender-d5vpz8xBicara soal linux, saya sekarang sudah migrasi ke Linux, saya memilih Ubuntu karena distribusi inilah yang paling saya kenal sejak lulus SMA.

Bicara soal ubuntu, yang basisnya linux, saya juga memiliki dua smartphone Android (yang basisnya juga linux), satu Xiaomi Redmi 1S, dan satu lagi SPC S1 yang merupakan Android pertama saya.

Mengaitkan Linux dengan “perangkat” benar-benar menggelitik pikiran saya. Saya dulu ingat, linux pertama yang saya instal adalah Damn Small Linux (DSL: www.damnsmalllinux.org) yang dibundel oleh tabloid PC Mild, sekitar tahun 2008 atau 2009. Damn Small Linux memang mampu membuat saya berkata “Damn! Susah banget”. Instalasinya mudah, namun environment yang sulit, sangat tidak home-alike (Windows alike maksud saya), membuat saya tidak bisa apa-apa setelah login masuk ke DSL. Saya dulu belum punya koneksi internet (saya saat itu masih suka ke warnet), sehingga DSL yang saya instal itu otomatis merupakan a piece of crap. Kok *.exe nggak bisa dijalankan? Kok nggak ada control panel? Kok nggak ada Microsoft Office ya? Adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan bodoh yang saya ajukan saat mengutak-atik DSL ini. Akhir cerita, saya melupakan DSL dan membeli CD instalasi Ubuntu Hardy Heron di Mall.

Sukses menginstalasi Ubuntu di dalam Windows, saya merasakan hal yang persis sama ketika bermain dengan DSL: Asing! Walhasil saya tetap dual boot sampai akhirnya di-format ulang untuk instalasi Windows 7 (yang bajakan, tentu saja).

Fiuuhh, sekarang saya sudah kuliah, sudah tingkat dua lagi. Saya belajar jauh lebih banyak tentang elektronika dan sistem yang mendasari jalannya komputer. Sekarang ini saya tertarik kembali menginstalasi DSL di Laptop saya.

Saya sudah browsing kesana-sini, sudah menemukan cara instalasi, namun saya justru terusik dengan ide yang mendasari DSL: Distro linux yang dibuat sekecil mungkin! Hanya 50 MB yang dipakai sudah bisa menjalankan linux secara normal, dengan perlakuan khusus DSL bisa dikompilasi ulang sehingga ukurannya bisa mencapai 5 MB! Luar biasa.

Ide tersebut mengusik saya: kalau-lah DSL bisa sedemikian kecil bahkan komputer lawas pun bisa menjalankannya, lantas kenapa tidak dicoba saja di-install ke Android, kan saya punya SPC S1?

Nah, berangkat dari gagasan ini saya coba cari di google, barangkali ada orang lain yang sudah melakukannya. Saya tahu bahwa SPC S1 saya memakai prosesor dengan arsitektur ARM, Weleh ternyata saya lupa bahwa DSL hanya support prosesor x86 saja. Wah repot juga ya?

Tapi ada sebuah postingan di forum Android yang menjelaskan bahwa kita bisa menjalankan DSL dengan bantuan Emulator x86 yang berjalan diatas Android. Jadi DSL-nya di-emulasi, bukan dijalankan langsung oleh mesin Android, ah kurang menarik!

Sadar akan keterbatasan ini, saya punya pikiran lain, yaitu menjalankan custom-kernel yang ditulis sendiri dengan C, dikompilasi oleh GCC dengan target arsitektur ELF-ARM. Bagaimana menurut Anda? Idenya keren kan? Hehe.

Saya coba cari tahu di google, ternyata ada juga diskusi di forum Android lain tentang kemungkinan menjalankan program C di ARM tanpa emulator, nah konsep kompilasi antar arsitektur inilah yang disebut cross-compilation. Saya belum baca lagi artikelnya.

Selain masalah prosesor dan arsitekturnya, saya browsing hal serupa tapi tak sama, yaitu kemungkinan mem-boot up Ubuntu (edisi Jaunty) pada microcontroller 8-bit. Apppaa?? Ubuntu harus dijalankan setidaknya oleh prosesor 32-bit, dan tentu membutuhkan bermega-megabyte RAM. Ternyata ada saja orang hebat yang bisa melakukannya, orang ini menghubungkan RAM jenis SDRAM ke microcontroller Atmel ATMega128P dan memakai SD Card sebagai media penyimpanan. Menurut tulisan orang tersebut, untuk booting up ubuntu hingga selesai dibutuhkan waktu 4 jam hingga siap pakai (untuk text-mode). Luar biasa ya? Ckck.

Tinggalkan Balasan

