Uncategorized

First Effort to Build My Own Processor (1)

Untuk membuat prosesor, terlebih dulu saya mesti membuat spesifikasi awal prosesor saya, misalnya seberapa besar lebar bit yang dipakai.

Nah, meskipun penamaan kurang penting, tapi nama prosesor itu perlu untuk memudahkan pembaca merujuk prosesor saya. Baiklah, saya beri nama prosesor saya AdjieCPU.

Saya ingin AdjieCPU menjadi prosesor 4-bit. Itu berarti, AdjieCPU punya register, data bus, address bus selebar 4-bit.

Saya juga ingin AdjieCPU dibuat dengan komponen diskrit, tapi saya tidak segila pencipta CPU MT15 di link ini yang membuat CPU dari 3000 transistor, lagipula akan terlalu repot dan kecepatannya juga tidak bisa terlalu cepat. AdjieCPU dibuat dengan IC TTL (keluarga 74xx atau 4004, dan juga beberapa IC tipe lain). Dengan mengambil alternatif IC TTL, AdjieCPU setidaknya bisa berjalan di rentang 1 MHz-8 MHz.

Tapi sebagai pembuat prosesor pemula, saya cukup fokus saja pada desain yang berjalan dengan baik dulu, setelah itu baru tingkatkan kecepatan (baca juga esai tentang perancangan prosesor lain di link ini).

Nah, setelah mendefinisikan spesifikasi AdjieCPU (boleh jadi spesifikasi yang saya buat tidak lengkap, namun akan dilengkapi begitu dirasa perlu), saya perlu menentukan hal lain: saya ingin AdjieCPU punya beberapa pin input output digital (No analog to digital Pin, no PWM, they are simply just too complex for now), dan mampu melakukan operasi boolean sederhana. AdjieCPU hanyalah CPU 4-bit, sederhananya hanya ada 2^4 = 16 set instruksi yang mungkin.

Tinggalkan Balasan

