Oupreque (oprek)

Bongkar LCD Netbook

Peringatan: Artikel ini sangat teknikal, jika Anda tidak tahu dan/atau memiliki perangkat yang dimaksud, artikel ini mungkin tidak berguna untuk Anda.

Siang ini saya baru saja membongkar netbook lama kakak saya, merek Ion. Netbook ini sebetulnya sudah rusak beberapa tahun lalu, sudah pernah dibongkar, tapi dipasang kembali karena dirasa saya kurang ilmu. Nah, sekarang saya bongkar kembali, tapi tidak dipasang kembali.

Saya langsung bisa bongkar casing-nya dengan mudah dan memereteli LCD display-nya. Niatnya saya ingin mengubah display netbook ini menjadi LCD eksternal. Nah, ini dia screenshot display yang berhasil saya ‘telanjangi’:

LCD Frontview - Copy
LCD Frontview

LCD Backview - Copy
LCD Backview

LCD ini bermerk Innolux Display dengan nomor model AT102TN42, ada datasheet yang berguna di internet, Anda bisa unduh di sini.

LCD Model Number Closeup - Copy

Baik, yang mesti dilakukan selanjutnya adalah mencari tahu kemungkinan mengubah display ini menjadi LCD eksternal. Pencarian saya di google memberikan saya tautan (link) ke beberapa Instructables:

Ternyata solusinya cukup mahal, kita harus memakai semacam converter LCD yang memakai komunikasi LVDS ke VGA, alat ini disebut LCD controller Board. Kita bisa pesan secara online di toko hardware luar negeri.

LCD Controller board
LCD Controller Board

Saya memperoleh harga controller semacam itu dipatok pada kisaran 300 ribu-500 ribu. Wah, mahal juga ternyata. Saya mutlak perlu cari cara lain yang lebih murah.

Solusi yang terlintas di pikiran saya adalah memakai microcontroller Arduino yang saya miliki sebagai signal converter-nya. Setelah saya cari, ternyata Arduino tidak cukup powerful untuk melakukan pengubahan sinyal, kecepatan Arduino terlalu lambat.

Hal lain yang saya temukan adalah membuat controller ini mungkin dibuat dengan memakai FPGA. Ada beberapa project di internet yang menjelaskan caranya, tapi saya belum berminat, saya belum punya FPGA sendiri.

Baik, alternatif solusi membeli controller board maupun FPGA, keduanya adalah solusi yang mahal. dengan demikian, saya putuskan untuk menyimpan saja dulu LCD yang berhasil saya bongkar, siapa tahu di masa depan saya bisa oprek lebih lanjut.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu LVDS, saya akan coba terangkan sedikit saja.

LVDS adalah singkatan dari Low-voltage Differential Signaling, sederhananya LVDS adalah suatu sistem pensinyalan serial yang beroperasi pada tegangan rendah. Sehingga dapat memberikan transfer data yang tinggi. Sayangnya pin LVDS ini berbeda tiap produsen LCD, sehingga harus dilakukan modifikasi untuk merk atau model yang berbeda. Jika Anda benar-benar berminat mendalami LVDS, silakan cari di wikipedia tentang LVDS.

LCD LVDS Plugged Connector Closeup - Copy
Konektor LVDS (plugged)
LCD LVDS Male Connector Closeup - Copy
Konektor LVDS (30 Pin)
One thought on “Bongkar LCD Netbook

Tinggalkan Balasan

