Uncategorized

Link referensi membuat CPU

Akhirnya saya sudah menyelesaikan semester kedua dari studi saya di ITB, sebentar lagi insyaAllah akan diumumkan jurusan di fakultas. Memang, di sini mahasiswa baru tidak langsung masuk jurusan, tapi masuk ke fakultas dulu. Doakan ya semoga dapat jurusan Teknik Elektro. Aamiin..

Oke, karena saya pingin masuk elektro, maka di tulisan ini saya mau share beberapa link untuk membuat CPU. Eits jangan salah. Ini bukan membuat CPU (kotak yang isinya hardware komputer), tapi mikroprosesor. Yap! Cara membuat Intel Core i5 CPU sendiri, FROM SCRATCH!

Wew, emang bisa ya? Ya bisa aja. Saya tertarik untuk membuat prosesor sederhana 4-bit dulu, kalau sudah cukup bagus naik level lagi jadi 8-bit. Saya masih harus banyak belajar tentang arsitektur CPU (selanjutnya saya akan sebut prosesor, biar tidak rancu dengan CPU kotak hardware). Semakin di pelajari, semakin jelaslah kalau membuat prosesor itu nggak gampang.

Otak dari otak prosesor adalah, ehm, maksudnya komponen inti dari prosesor adalah ALU alias Arithmetic and Logic Unit. Seluruh komputasi dilakukan oleh ALU. Bagi teman2 yang masih ingat materi TIK zaman SMP/SMA pasti pernah dengar istilah ALU.

Membuat prosesor itu nggak harus pakai alat yang rumit. Memang sih, untuk membuat prosesor sekelas buatan Intel dan AMD jelas harus pakai alat khusus, ruangan khusus, tenaga ahli yang khusus juga. Sebab mereka kan membuat perangkat yang (katanya) merupakan sistem paling kompleks yang umat manusia pernat buat. Dan saya, ingin jadi insinyur yang menangani hal seperti itu, dengan kata lain, saya ingin jadi arsitek prosesor. Gyaaaa!

Nanti, di teknik elektro tingkat lanjut, kita akan belajar juga nih sama hal gini. Ya awalnya sistem digital, terus ke VLSI (Very Large Scale Integration), dan seterusnya. Yah walaupun nilai PAR (Pengantar Analisis Rangkaian, mata kuliah wajib untuk mahasiswa STEI semester 2) saya jelek, tapi kecintaan terhadap dunia elektro tak akan membiarkan apapun menghalangi, eeeehh..

Ini dia link yang barangkali berguna buat pembaca:

www.homebrewcpu.com Situs ini memuat proyek CPU 8-bit yang dirancang oleh insinyur Google, Bill Buzbee. Yang bikin keren, Paman Bill membuat CPUnya, kotaknya, bahkan Sistem Operasinya sendiri. OS yang dipakai adalah OS Minix yang sudah beliau port supaya bisa run di CPUnya, keren banget kan, PS: Beliau itu bukan electrical engineer loh, Beliau itu software engineer, tadinya pengetahuan beliau soal hardware minim banget, tapi setelah banyak ngobrol dengan teman kantor yang electrical engineer, dan banyak baca buku. Akhirnya dia bisa membuat CPU yang sampai saat ini berfungsi sebagai web-server.

www.ttlcpu.com Situs ini memuat proyek CPU 4-bit, authornya rapi banget nulisnya. Ada beberapa detail berguna. Tapi sayangnya, situs ini keliatannya kurang update.

http://ygg-it.tripod.com/index.html Proyek Apollo181, CPU 4-bit yang fully functional. Saya belum sempat baca semuanya, tapi di situ dimuat informasi berharga untuk merancang CPU.

http://cpuville.com Cara situs ini menjelaskan proyek CPUnya lebih mirip cerita, ada juga link download kisah sang author membuat CPU dalam bentuk PDF. Lumayan untuk menambah insight.

Iklan

2 thoughts on “Link referensi membuat CPU

  1. Wah semoga cita cita jadi arsitek prosesornya tercapai!
    btw parnya dapet apa tuh? :p

    saya sih pas pasan banget 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s