Uncategorized

Pemrograman Socket

 

Ilustrasi

Hari sabtu kemarin sehabis UTS Kimia saya sempat ngobrol ringan dengan teman, kita sedang bicarakan proyek kecil. Proyek ini sederhana saja, membuat game kecil dengan bahasa Pascal. Rencananya hari itu kita hanya ingin men-define fungsi/prosedur apa saja yang nantinya dipakai, tapi nyatanya kita coding programnya juga.

Nampaknya teman saya ini antusias menerima ide saya. Sambil melihat dia menulis kode, saya sebut saja ide untuk meng-expand fitur game ini, yaitu menambah kemampuan game agar bisa dimainkan secara multiplayer melalui jaringan WiFi. Sangat menarik, untuk itu saya mulai meriset implementasi yang sekiranya akan berjalan mulus–setidaknya di pascal. Sebelum ini saya sudah tahu ada API windows sockets, alias Winsock, tapi ternyata sulit juga mencari dokumentasi winsock untuk pascal.

Sudah tiga hari saya meriset hal ini, saat ini saya fokus pada unit Sockets yang disediakan FreePascal. Nampak menjanjikan memang, namun tetap perlu ditelaah lagi. Jika ini berhasil, ini akan menjadi setidaknya satu insight baru mengenai Networking, khususnya winsock programming. Dan sudah pasti semakin melatih kemampuan riset mandiri saya. Oh ya, saya jadi ingin buat quote. Bunyinya begini:

“Kita di kampus memang belajar banyak, dari akademik, sampai belajar meriset hobi. Namun percayalah bahwa suatu saat apa yang dipelajari di kelas akan dilupakan, tapi tidak dengan kemampuan riset kita. Dengan kemampuan ini kita mampu menggali kembali apa yang kita tadinya ingat.”

2 thoughts on “Pemrograman Socket

Tinggalkan Balasan

