Uncategorized

1. 8-bit 6502 Processor Introduction

Artikel ini akan berupa serial mengenai konsol game NES (Nintendo Entertainment System) dan informasi teknis mengenai arsitektur sistem NES. Direncanakan serial ini juga memuat dasar-dasar membuat emulator NES, serta informasi umum mengenai arsitektur prosesor. Serial ini ditulis untuk keperluan edukasi di bidang computer science sehingga saya membatasi pembahasan hanya untuk prosesor 8-bit dan 16-bit. Beberapa informasi mungkin tidak akurat, sehingga serial ini tidak digunakan sebagai rujukan utama.

Prosesor 6502 adalah prosesor 8-bit yang dirancang oleh insinyur Chuck Peddle dan Bill Mensch. Prosesor ini dimanufaktur pertama kali oleh MOS Technology.

Yang menarik, prosesor ini sempat luas digunakan sebagai otak dari game konsol jadul Nintendo Entertainment System (NES) sebagai bentuk usaha Nintendo menyaingi game konsol lain: Sega. Keputusan awal Nintendo untuk bersaing dengan Sega adalah memakai CPU 16-bit. Namun prosesor 8-bit digunakan demi menekan harga konsol yang akan diluncurkan.

Nintendo kemudian membuat spesifikasi dasar prosesor 8-bit yang mereka butuhkan, untuk kemudian diproduksi oleh perusahaan manufaktur chip lain. Saat itu ternyata Nintendo kesulitan mencari perusahaan yang mau memproduksi, sampai akhirnya perusahaan Ricoh menyanggupi permintaan Nintendo setelah dijanjikan order tiga juta chip. Dengan demikian, Nintendo adalah customer terbesar untuk Ricoh.

Ricoh kemudian memulai proses manufaktur chip 8-bit permintaan Nintendo dengan memilih prosesor 6502 sebagai model, prosesor  turunan 6502 buatan Ricoh ini diberi nama A503.

A503 memiliki fitur tambahan berupa pseudo Audio Processing Unit (pAPU) yang berarti A503 mampu mengolah data audio konsol tanpa perlu tambahan prosesor khusus audio (seperti sound card pada komputer biasa).

Berikutnya, karena prosesor yang dipilih hanya 8-bit, prosesor A503 tidak mampu memberikan kualitas grafik yang diharapkan, sehingga ditambahkan prosessor lain yang disebut Picture Processing Unit (PPU),

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s