Arduino

Unboxing Arduino UNO :) (review singkat)

Alhamdulillah, hari ini saya sudah menerima paket” Arduino yang dipesan hari senin silam. Perangkat yang langsung dibuat di Italia ini ternyata tidak begitu mahal kok πŸ™‚ . Setelah saya mencari info yang cukup di internet, harga Arduino kloningan memang terpaut 100 ribu dari yang asli, tapi saya lebih memilih prestise yang asli karena memang paket ‘learning pack’ hanya menyertakan Arduino asli, tidak ada yang kloningan. Ngerti maksud saya? Hehe.. πŸ˜€
Saya memesan Arduino Paket Belajar di http://www.indo-ware.com seharga 350.000, dalam paket ini saya mendapatkan tambahan kotak ‘makan’, beberapa sensor, keypad, kabel USB, dan sekeping DVD yang berisi video tutorial, ebook, dan software pendukung Arduino, sepadan dengan yang saya bayarkan.Bandingkan dengan membeli Arduino UNO satuan seharga 300 ribuan, yang saya dapat hanyalah UNO alias SATU. πŸ™‚ (uno dalam bahasa Italia berarti satu)
Selanjutnya saya mengamat-amati board Arduino-nya yang didesain mulus sekali. Dibalut warna biru didepan dan lapisan putih dibelakangnya.
Nah, seiring terus meningkatnya pengetahuan tentang Arduino, maka meningkat pula kebutuhan hardware. Yang menyedihkan, perangkat/modul/shield* untuk Arduino jauh lebih mahal dari Arduino itu sendiri. 😦 Bisa berkisar 300 ribuan sampai jutaan. Padahal sebagai mahasiswa, uang itu berharga sekali..
Ya walaupun begitu, saya tetap senang dengan Arduino saya ini :), saya mungkin bisa menemukan solusi yang lebih murah untuk Arduino nanti. Sekian dulu dari saya. πŸ™‚

* shield adalah perangkat untuk menambah kemampuan Arduino, banyak sekali pilihan diluar sana. Silakan kunjungi http://www.arduino.cc untuk informasi detail. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

