Arduino

Arduino, si mikrokontroller mini dari Negeri Valentino Rossi

Alhamdulillaah. Tahun ini saya sudah lulus dari SMA, dan mulai masuk PTN. Nah, berhubung saya masuk Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, ada baiknya saya mulai berkenalan dengan ‘calon’ teman baik saya nanti, yaitu mikrokontroller. 🙂

Hmm, saya dulu memang pernah mendengar istilah mikrokontroller, di benak saya alat itu hanya sirkuit kecil yang mengatur jalan lengan-lengan robot di lomba robotika. :p
Pikiran saya memang betul waktu itu, tapi itu hanyalah satu dari sederet kemampuan mikrokontroller. Mikrokontroller dapat mengendalikan helikopter, MP3 Player, pengukur suhu tanah, bahkan di dalam mouse kita. :p Dahsyat ya? Hehe..

Nah, salah satu mikrokontroller yang menarik saya adalah Arduino, konon katanya arduino ini amat simpel dan mudah untuk diprogram, sehingga orang dalam beberapa hari sudah bisa membuat Mega-proyek. Hehe. Ah itu kan masih konon, saya belum pernah coba langsung soalnya. 🙂

Harga yang ditawarkan mulai dari 250 ribu sampai milyaran jutaan rupiah. Ah tapi saya sayang duit. :’) Maka saya cari info dan diketahui banyak kloning/replika arduino ini yang memiliki kemampuan sama dan harganya jauh lebih murah, apalagi yang dari cina. :p Nah ini dia yang pas untuk kantong (calon) mahasiswa seperti saya, hehe..
Oke, untuk mendapatkan sistem yang membuat saya curios ini, saya harus mengumpulkan uang mulai dari sekarang. Ganbatte! 🙂

Sampai jumpa di tulisan berikutnya ya, tunggu saya menulis review Arduino-nya. 😉

Tinggalkan Balasan

