Mesin

Merancang Mesin Jet Sendiri [Pengantar]

Di artikel ini saya akan memaparkan gagasan-gagasan awal dalam perancangan mesin jet. Semua tulisan dalam artikel ini adalah semata-mata buah pikiran saya, kesalahan pemakaian istilah dan sebagainya mungkin saja terjadi. Pun demikian, saya akan terus merevisi tulisan saya agar lebih berkualitas. Oleh karena itu, masukan dari pembaca sangat diperlukan utamanya dari pembaca yang memang expert di bidang permesinan.

Mesin Jet adalah mesin yang kompleks, sama seperti mesin lainnya perancangan mesin jet memerlukan tahap-tahap yang agak merepotkan demi memastikan kinerja terbaik, mengingat perancangan mesin jet mensyaratkan presisi tinggi dan material yang memadai—yang seringkali membutuhkan peralatan khusus dalam pembuatannya.

Saya mensyaratkan material yang memadai karena mesin jet yang akan Anda rancang bukanlah mesin berkecepatan rendah. Kita tentu tidak mungkin menggunakan plastik, jadi lupakan plastik. Namun tahukah Anda? Jika setelah plastik Anda memikirkan kaleng (aluminium tipis), coba dengarkan saya, mesin jet akan menghasilkan panas yang cukup untuk membuat kaleng Anda meleleh, sekelompok mahasiswa mesin jet diluar negeri pernah melakukannya. Turbin yang mereka desain dengan cukup baik meleleh seketika tatkala mereka sedang melakukan ujicoba. Diluar itu, Anda mungkin ingin membuat model mesin jet yang biasa saja, kalau begitu, Anda bisa memakai kaleng. Jadi, pilihlah material yang cocok!

Dalam merancang mesin jet, Anda setidaknya memiliki pengetahuan yang cukup sebelum mulai membuat. Percayalah, membuat sebelum tahu apa yang Anda lakukan akan menghabiskan banyak sekali dolar.

Selanjutnya Anda perlu melakukan perencanaan terhadap desain mesin jet Anda. Bagaimana sistem pengapiannya (ignition)? Bahan bakar apa yang Anda ingin gunakan? Terlebih, Anda harus menaruh perhatian lebih pada perancangan turbin.

Seperti yang sudah saya katakan, mesin jet itu kompleks. Jadi, Anda harus melakukan tes secara terpisah untuk memudahkan pengerjaan. Mengerti maksud saya? Baiklah.

Secara garis besar mesin jet melakukan hal-hal berikut: menghisap udara (sucking); memampatkannya (compressing); membakarnya (combusting); dan menghasilkan dorongan (thrust). Mesin jet terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan pembuangan. Anda harus melakukan tes terpisah dan menggabungkannya diakhir proyek Anda. Misalkan seperti ini:

  • Tes 1: Turbin. Pastikan tiada getaran berlebih; turbin mampu berputar hingga rpm yang diinginkan.
  • Tes 2: Ruang Bakar. Pastikan pemantik bekerja baik; fueling system baik; dan jenis bahan bakar sesuai.
  • Tes 3: Pembuangan. Dan seterusnya..

Jadi dalam pengantar ini, Anda sangat disarankan untuk mencari tahu lebih banyak sebelum memulai. Cobalah Youtube, it’s recommended!

Iklan

2 thoughts on “Merancang Mesin Jet Sendiri [Pengantar]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s